Translate

Sabtu, 12 Mei 2012

BABI HUTAN



    BABI HUTAN/ BABI LIAR


Babi hutan hutan  merupakan  nenek  moyang babi hutan liar yang menurunkan babi hutan ternak (Sus domesticus). Daerah penyebaran babi hutan hutan ini  adalah di hutan-hutan Eropa Tengah, Mediterania, termasuk Pegunungan Atlas di Afrika Tengah dan sebagian besar Asia hingga paling Selatan di Indonesia. Ia termasuk familia Suidae yang mencakup warthog dan bushpig di Afrika, pygmy hog di utara India, dan babi hutanrusa di Indonesia.
Babi hutan dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
Class                : Mammalia
Ordo                : Artiodactyla
Sub ordo         : Sus
Spesis              : Sus Scrofa, Sus Vittatus
Ciri ciri dari babi hutan hutan ini adalah sebgai berikut;
Rambut halus, berwarna hitam dan matanya kecil. Tinggi badan + 70 cm, panjang tubuh 100 – 150 cm, panjang ekor 20 – 30 cm dan berat badan 50 – 100 kg. Kepala berbentuk kerucut terpotong dan badannya silender panjang. Kaki depan biasanya lebih pendek dari pada kaki belakang. Mempunyai rambut surai berwarna hitam dari tengkuk sampai punggung. Dalam keadaan ketakutan atau bahaya, rambut-rambut surai ini berdiri tegak. Taring babi hutan hutan jantan berkembang dengan baik dan tumbuh terus sepanjang hidupnya.
Babi hutan hutan hidupnya berkelompok, terdiri dari kelompok keluarga yaitu babi hutan hutan jantan, betina dan anak-anaknya, atau kelompok babi hutan hutan muda dan kelompok babi hutan hutan dewasa. Tiap kelompok terdiri dari 4 – 5 ekor. Dalam tiap kelompok biasanya mempunyai sifat kegotongroyongan yang kuat. Contohnya pada saat menyiapkan sarang untuk beranak, disiapkan bersama-sama.
Babi hutan hutan biasanya membuat sarang untuk beranak dan memeliharanya. Sarang terbuat dari rumput-rumputan, alang-alang, kayu-kayu tanaman kecil atau rotan. Sarang bersifat tetap dan hanya dibuat saat akan beranak saja.
Dalam kelompok keluarga, kadang-kadang babi hutan hutan meninggalkan kelompoknya selama beberapa waktu, tetapi kembali lagi pada saat musim kawin yaitu pada waktu babi hutan hutan betina birahi. Hal ini dimungkinkan karena mereka mampu mengeluarkan suara yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi dengan maksud tertentu.
Babi hutan hutan mempunyai kegeramaran berkubang dalam lumpur, untuk menjaga suhu badan atau mengusir binatang pengganggu, seperti caplak. Babi hutan hutan tidak tahan terhadap sengatan sinar matahari, sehingga pada saat terik matahari berlindung di semak-semak dekat air.
Babi hutan hutan betina biasanya beranak setahun sekali. Masa bunting berlangsung selama 101 – 130 hari, rata-rata 115 hari, dengan jumlah anak 2 – 12 ekor/kelahiran. Anak-anaknya disusui selama 4 – 5 bulan. Pada masa akhir masa menyusui, babi hutan hutan betina sudah dapat kawin lagi.
Perkembangbiakan babi hutan hutan mulai terjadi pada umur 6 – 8 tahun. Di alam, rata-rata mampu bertahan hidup 10 – 12 tahun, tetapi ada yang dapat bertahan sampai 20 tahun.
Aktifitas babi hutan hutan dalam mencari makanan biasanya dilakukan pada sore hari dan dini hari, yaitu pukul 16.00 – 19.00 dan 04.00 – 06.00. Pada pukul 09.00 – 11.00 biasanya berkubang dalam lumpur. Jelajah harian babi hutan hutan 5 – 16 km dan biasanya melewati jalur jalan yang tetap. Indra yang dimiliki sangat peka dan sangat tajam mengenali bau manusia dan pandai berenang.
Babi hutan asli Indonesia berasal dari babi hutan hutan yang sampai sekarang masih terdapat di hutan dan hidup liar dan babi hutan ini terkenal dengan nama babi hutan celeng (sus verrucosus). Saat ini  bangsa – bangsa babi hutan telah dikelompokkan menjadi beberapa tipe. Tipe yang umum dikenal ada 3 yaitu babi hutan tipe lemak (lard type), tipe daging (meat type atau pork type) dan tipe sedang (bacon type). Bangsa babi hutan yang ada di Indonesia umumnya cenderung kearah tipe lemak. Ciri – ciri babi hutan tipe lemak adalah ukuran tubuh berlebihan cepat atau mudah menjadi gemuk, ukuran babi hutan pendek dan kemampuan dalam membentuk lemak cukup tinggi


Kandang
Untuk mencapai suatu sukses di dalam usaha peternakan khusunya ternak babi hutan, antara lain perlu diusahakan suatu bangunan kandang yang baik. Sebab hanya kandang yang baiklah yang akan mampu : Meningkatkan konversi makanan, meningkatkan pertumbuhan dan menjamin kesehatan ternak.
     Yang dimaksud dengan kandang yang baik disini ialah, sutau bangunan kandang yang dibangun menurut aturan kandang yang benar. Dimana kesemuanya ini haruslah bertitik tolak dari kehidupan ternak yang bersangkutan serta hokum alam di mana mereka hidup. Maka semua kandang harus dibangun menurut fungsi dan lingkungan setempat. Misalnya kandang babi hutan Indonesia saja berbeda dengan bangunan kandang babi hutan di Negara-negara yang berada di daerah sub-tropis, yang mengalami banyak perubahan musim.
     Lebih lanjut, sehubungan dengan masalah perkandangan ini berturut-turu aka
Kehidupan babi hutan  dan lingkungan,  Fungsi kandang,  Letak kandang,   Konstruksi kandang, Alat-alat atau perlengkapan kandang, macam-macam kandang

1. Kehidupan babi hutan dan lingkungan
a.kehidupan babi hutan
Keadaan tubuh babi hutan secara anatomi/fisiologis berbeda dengan ternak sapi, kambing maupun domba. Babi hutan termasuk hewan berdarah panas, di dalam keadaan normal temperature tubuhnya 38,9º C. Ternak babi hutan ini tidak memiliki kelenjar keringan. Selain itu ana-anak babi hutan yang masih kecil tidak memiliki bulu seperti halnya ternak sapi, kambing dan domba.
      b. Lingkungan hidup
Temperatur tubuh yang normal 38,9º C secara alamiah temperatur tersebut selalu hendak dipertahankan terus-menerus, baik lingkungan itu dalam keadaan dingin ataupun panas. Dengan adanya peristiwa-peristiwa lingkungan yang hamper setiap saat berubah itu, maka tubuh langsung bereaksi terhadap perubahan lingkungan yang mereka hadapi guna melakukan adaptasi. Pada pokoknya adaptasi tubuh yang biasa dilakukan ada dua macam, yaitu : Adaptasi terhadap lingkungan yang terlampau panas.
Terhadap lingkungan yang temperaturnya terlampau panas, tubuh babi hutan akan selalu mengalami kesulitan dalam membebaskan diri dari panas tubuh, sebab hewan tersebut tidak memiliki kelenjar keringat. Reaksi tubuh untuk mengatasi lingkungan yang terlampau panas.
• Panas dari dalam dikeluarkan lewat mulut, sehingga babi hutan pada saat itu selalu Nampak terengah-engah.
• Babi hutan selalu berubah mendapatkan air minum yang lebih banyak.
• Babi hutan berusaha berkurang di tempat-tempat yang banyak airnya.
b) Adaptasi terhadap lingkungan yang terlampau dingin.
Ternak babi hutan di dalam usaha mempertahankan temperatur tubuh terhadap temperatur yang dingin bisa diamati pada reaksi atau tingkah laku mereka. Hal ini bisa terjadi pada anak babi hutan ataupun pada babi hutan-babi hutan besar (dewasa)
- Reaksi tubuh anak-anak babi hutan yang kedinginan
• Mereka berusaha berbaring di tempat-tempat yang bisa menghangatkan tubuh, misalnya di sudut-sudut kandang, di lantai yang ada alasnya jerami kering, tempat yang ada sumber panas.
• Apabila di tempat itu tidak terhadap alas seperti jerami atau sumber panas, maka anak-anak babi hutan tersebut akan mempertahankan temperatur tubuh, dengan cara berbaring atau saling menindih dan berimpit sesame kawan.
- Reaksi tubuh babi hutan dewasa terhadap temperatur yang dingin
Babi hutan-babi hutan yang sudah besar di dalam menghadapi temperatur yang dingin ini tidak begitu menjadi persoalan. Mereka cukup berbaring saja terus-menerus. Sebab pada babi hutan-babi hutan yang sudah besar, di bawah kulitnya terdapat timbunan lemak sudah besar, di bawah kulitnya terdapat timbunan lemak yang cukup tebal, sehingga dengan jalan berbaring terus-menerus kehangatan tubuh mereka bisa dipertahankan. Tetu saja hal ini tidak dilakukan bagi babi hutan-babi hutan yang masih kecil.
2.Fungsi kandang

    Kegunaan kandang begitu amat besar, baik terhadap hewan ternak yang dipiara ataupun bagi peternaknya, sebab kadang berfungsi : Untuk menghindarkan terhadap lingkungan yang merugikan. Misalnya adanya angin langsung, air hujan dan terik matahari.

 Untuk mempertahankan kehangatan dalam kandang di waktu malam atau dingin. Hal ini bisa kita maklumi karena tubuh hewan itu sendiri mengeluarkna panas, sehingga adanya atap dan dinding, panas dalam kandang yang hilang lewat atap dan dinding bisa dikurangi, Mempermudah tatalaksana. Adanya kandang, semua tatalaksana seperti pemberian makan, air minum, memandikan akan menjadi lebih mudah.
 Mempermudah melakukan pengawasan dalam penggunaan makanan. Semua penggunaan makanan untuk maksu-maksud tertentu seperti untuk tujuan berproduksi, penggemukan. Lebih mudah diawasi dan dilakukan pencatatan-pencatatan., Mempermudah melakukan pengawasan terhadap pertumbuhan serta kemungkinan adanya gejala penyakit,
 Menghemat tempat dan mengurangi pengotoran di sembarang tempat,
 Mempermudah melakukan pengawasan terhadap gangguan keamanan seperti pencurian, gangguan binatang buas ataupun dari sesama kawan yang berbeda unur.

2.      Letak kandang
   Lokasi di mana kandang itu hendak dibangun terlebih dahulu haruslah dipikirkan, terutama terhadap segi-segi higienis dan social ekonomis yang lebih menguntungkan.
      a. Segi higienis
Agar bisa diperoleh jaminan kandang serta lingkungan yang hidienis (bebas dari infeksi penyakit), maka lokasi kandang harus dipilih adalah sebagai berikut;
• Tempat yang lebih tinggi dari lingkungan sekitar, tanah yang mudah meresap air.
• Tempat yang mudah dibuat saluran atau pembuangan air.
• Tempat yang terbuka, bukan di bawah pepohonan besar yang rindang. Sebab pohon yang rindang akan menutup masuknya sinar matahari ke dalam kandang, sehingga kandang menjadi lembab dan kurang sehat.
Hal ini kesemuanya dimaksudkan agar air hujan mudah lepas, mudah mengalir atau meresap ke dalam tanah, sehingga kandang dan sekitarnya di waktu hujan tidak tergenang air. Sebab keadaan lingkungan yang selalu tergenang air akan menyebabkan bakteri dan parasit hidup.

      b. Sosial ekonomis
Segi sosial ekonomis yang bisa dipakai sehingga dasar pertimbangan untuk memilih tempat antara lain;
1.  Dekat sumber air.Ternak babi hutan memerlukan banyak air, baik untuk keperluan minum, memandikan ataupun untuk kebersihan lantai. Oleh karena itu hanya kandang yang dekat dengan sumber airlah yang bisa dibenarkan, sebab secara ekonomis akan bisa dipertanggungjawabkan. Tanpa air, usaha ini tidak mungkin bisa berkembang,   bangunan kandang babi hutan hendaknya dibangun di tempat yang dekat dengan sumber air.
2. Dekat sumber bahan makan. Makanan pokok ternak babi hutan adalah makanan penguat, seperti katul, bungkil kedelain, bungkil kelapa. Bahan-bahan tersbut merupakan hasil ikatan usaha pertanian. Oleh karena itu usaha ternak babi hutan ini akan lebih menguntungkan apabila bisa diusahakan di tempat-tempat yang letaknya dekat dengan took-toko makanan, atau dekat dengan pabrik penggilingan. Sebab pabrik rice-mill menghasilkan katul, pabrik gilingan minyak kelapa menghasilkan bungkil kelapa, sehingga ongkos angkutan bahan makanan tersebut bisa lebih ditekan. Semua bahan makanan yang sulit diperoleh karena letak perusahaan begitu jauh dengan sumber bahan makan tentu saja harganya akan relative lebih mahal.

3.Mudah dicapai kendaraan .Tempat-tempat yang mudah dicapai oleh kendaraan berarti mempermudah komunikasi dan transportasi, baik di dalam usaha memperoleh bahan makanan ataupun menjual hasil. Sebaliknya adanya komunikasi dan transportasi yang sulit, menghambat usaha dan secara ekonomis kurang bisa dipertanggungjawabkan,karena tuntutan ongkos usaha menjadi semakin tinggi.

4. Dekat dengan peternak. Ternak babi hutan memerlukan pengawasan langsung, baik terhadap kesehatan ternak ataupun keamanan. Untuk bisa menjamin keperluan tersebut, bangunan kandang ini hanya mungkin bisa teratasi dengan cepat apabila peternak bisam enangani secara langsung.
5 Dekat dengan areal perluasan. Usaha ternak babi hutan yang dipiara baik-baik akan begitu sangat cepat. Untuk mengimbangi perkembangan tersebut harus dibangun kandang baru. Perluasan kandang ini hanya mungkin bisa dilakukan, apabila pendirian kandang pertama itu dipilih tempat yang sekiranya masih memungkinkan untuk pengembangan lebih lanjut. Tentu saja hal ini hanya dilakukan bagi usaha-usaha besar.
3.      Konstruksi kandang
     Agar ternak babi hutan yang tinggal di dalam kandang merasa nyaman, konstruksi kandang harus betul-betul memadai. Konstruksi kandang yang perlu mendapat perhatian terutama :
      a. Ventilasi
Ventilasi berguna untuk mengeluarkan udara kotor dari dalam kandang dan menggantikan udara segar dari luar. Adanya ventilasi ini, maka keadaan udara segar dalam kandang bisa dipertahankan, kelembabab berkurang, dan rasa pengap pu bisa dihindarkan. Dalam hal ini kiranya tidak diragukan lagi bahwa babi hutan akan merasa lebih nyaman apabila mereka berada di dalam kandang yang berudara segar. Untuk memperoleh kondisi semacam itu, kandang harus dilengkapi dengan ventilasi yang sempurna.
Karena ventilasi merupakan jalan keluar masuknya udara ke dalam kandang, maka ukuran ventilasi tersebut benar-benar sesuai.
1.       Ukuran ventilasiSebagai pedoman di bawah ini dikemukakan mengenai ukuran lubang keluar masuknya udara.
a. Lubang keluar (outlet).  Ukuran outlet bagi setiap ekor babi hutan yang beratnya 45kg ialah 32 cm², atau babi hutan yang beratnya 90 kg = 64 cm². Jika kandang itu berkapasitas 100 ekor babi hutan yang beratnya rata-rata 90 kg, berarti kandang tersebut harus ada outlet yang berukuran 100 x 64 cm² = 6.400 cm² , atau 80 x 80 cm.
b. Lubang masuk (inlet).Bagi setiap ekor memerlukan inlet berukuran 3 kali lipat besarnya outlet. Jika setiap ekor babi hutan yang beratnya 45 kg diperlukan outlet berukuran 96 – 100 cm², hal ini berarti bahwa babi hutan yang beratnya 90 kg memerlukan ukuran 200 cm² atau 10 x 20 cm. Jadi kalau kandang itu berkapasitas 100 ekor, dengan berat badan rata-rata 90 kg, maka perlu ada inlet yang berukuran 100 x 100 cm.
2. Berbagai macam ventilasi. Ada dua macam ventilasi, yaitu ventilasi alam dan buatan. Ventilasi ala mini pembuatanya tidak dipersiapkan secara khusus seperti halnya ventilasi buatan. ada ventilasi buatan dibuat dengan suatu rencana secara khusus, misalnya yang berbentuk kipas angin. Akan tetapi fungsi serta kegunaan kedua macam ventilasi tersebut sama, yaitu untuk mempertahankan keadaan udara dalam kandang supaya tetap segar dan bisa menghindarkan kelembaban yang terlalu tinggi. Keadaan ruang kandang yang segar ini bisa dibuktikan apabila :
• Babi hutan-babi hutan yang ada dalam kandang pada saat sehabis makan selalu bisa enak tidur.
• Ruang kandang tidak berbau tajam.
Sebagai pedoman di bawah ini diberikan catatan mengenai temperature dan kelembaban optimal yang diperlukan ternak babi hutan.
Keterangan
Temperatur º C
Kelembabab %
Anak Babi hutan
21- 27
70
Babi hutan sapihan
21 – 24
70
Induk menyusui
16 – 21
70
Babi hutan dewasa
16 -21
70

      b. Dinding, atap dan lantai
Dinding, atap dan lantai merupakan isolasi (pembatas) terhadap lingkungan, terutama untuk menjaga kestabilan udara di dalam kandang. Kandang yang dilengkapi dengan pembatas ini banyak manfaatnya. Lebih jelasnya, mengenai pembatas ini akan diutarakan satu per satu.
1.      Dinding.
Dinding kandang sebagai salah satu pembatas (isolasi) berguna untuk :
• Menahan angin langsung dari luar, Menahan keluarnya panas yang dihasilkan oleh tubuh hewan, Menghindarkan adanya babi hutan yang keluar dari kandang atau saling bermusuhan, apalagi yang mempunyai sifat kanibali, Mengingat ternak babi hutan sangat sensitive terhadap udara panas ataupun udara yang sangat lembab, maka sekeliling kandang harus dilengkapi dinding semi terbuka. Dinding semacam ini di waktu siang akan menjamin udara dalam kandang tetap segar, sebab sirkulasi udara akan cukup lancer. Dan sebaliknya di waktu malam tidak begitu kedinginan karena babi hutan bisa terbaring dan terlingdungi oleh dinding. Namun kesemuanya ini pengaturannya tergantung kepada babi hutan yang akan ditempatkan di dalam kandang. Misalnya untuk babi hutan yang beratnya lebih dari 50 kg, diding kandang bisa diatur sedemikian rupa sehingga temperature dalam kandang bisa mencapai sekitar 18º C, sedangkan babi hutan yang beratnya kurang dari 50 kg temperatur diatur kurang lebih 23º C dan untuk anak-anak babi hutan memerlukan temperatur 27º C (suhu kamar). Oleh karena itu ukuran tinggi dinding bisa diatur. Untuk penggemukan setinggi 1 m, untuk induk setinggi 1,2 m. Bangunan dinding kadang harus kuat dan mudah dibersihkan. Bahan bisa dibuat dari papan, anyaman bambo.
 2. Atap.
Atap sebagai pembatasan di bagia atas, berguna untuk ; Menghindarkan air hujan dan terik matahari, Menjaga kehangatan di dalam kandang pada waktu dingin.
Jadi fungsi atap sebagai batas bagian atas, kecuali berguna untuk menahan air hujan dan tering sinar matahari juga sangat bermanfaat untuk menahan panas yan dihasilkan oleh tubuh hewan itu. Tanpa atap, di waktu malam panas di dalam kandang akan keluar lewat atas. Atap tersebut hendaknya dibuat meluncur ke belakang, sehingga air hujan tidak banyak masuk ke dalam kandang. Untuk atap bisa digunakan genteng, asbes, duan kelapa ataupun alang-alang. Baik konstruksi dinding maupun atap, keduanya ada kaitannya dengan ventilasi alam. Maka dari itu perlu dipertimbangkan adanya konstruksi antara dinding dan atap yang tepat, sehingga waktu panas keadaan udara dalam kandang tetap segar dan di waktu hujan tidak banyak air masuk.
3. Lantai.
Lantai berguna untuk : Menghindarkan kelembaban dari dalam tanah, Batas antara tanah,OLeh karena babi hutan banyak berbaring, lebih-lebih babi hutan fattening 80% darpada waktunya hanya dipergunakan untuk berbaring, maka lantai harus dibuat selalu bersih, hangat dan nyaman. Untuk menciptakan keadaan ini, lantai harus keras, dibuat dari bahan-bahan seperti aspal dan pasir, campuran batu merah atau batu kali, pasir dengan plesteran semen. Lantai ini dibuat agak miring sehingga air kencing atau air pembersih lekas bisa mengalir ke saluran pembuangan kotoran dan tidak mengganggu kebersihan kandang, dan kekeringan lantai lebih terjamin.
Bagi perusahaan-perusahaan yang telah maju seperti di luar negeri, kandang tersebut dilengkapi dengan isolasi pada dinding maupun pada atapnya. Tapi di Indonesia yang terletak di daerah tropis ini atap dan dinding serta lantai dibuat seperti yang dijelaskan diatas.
       c. Sinar matahari
Konstruksi kandang yang akan dibangun hendaknya dipikirkan agar sinar matahari pagi bisa masuk ke dalam kandang. Sebab sinar matahari pagi tidak begitu panas dan banyak mengandung sinar ultraviolet. Sinar pagi ini sangat penting karena berguna untuk :  Untuk membantu proses pembentukan vitamin D, Sebagai desinfektan, Mempercepat pengeringan kandang sehabis dibersihkan dengan air.
Untuk memperoleh sinar pagi yang cukup, maka hendaknya kandang tunggal dibangun menghadap ke timur sedangkan kandang ganda bisa dilengkapi dengan ren seperti pada gambar.
4.      Alat-alat atau perlengkapan kandang
     Kandang yang sempurna memerlukan perlengkapan-perlengkapan yaitu :
 1. Tempat makan dan minum
Tempat makan ada dua macam tempat makan yaitu yang berbentuk bak dari pasangan semen dan yang kedua ialah tempat makan berupa kotak yang bahannya dari papan ataupun seng. Tempat makan yang berbentuk kotak ini bisa dibuat memanjang ataupun bulat. (Perhatikan pada gambar.) Masing-masing bisa dipakai secara individual atau kelompok. Demikian juga mengenai tempat minum, ada yang berupa bak, tabung dan nozzle.
          Baik tempat makan ataupun tempat minum ini merupakan perlengkapan kadang yang mutlak diperlukan oleh babi hutan. Oleh karena itu perlengkapan kandang ini harus dengan baik dan memenuhi persyaratan. Persyaratan pembuatan tempat makan/air minum yang perlu diperhatikan antara lain ; Ukuran tempat makan dan minum hendaknya disesuaikan dengan umur/besar kecilnya babi hutan, Mudah dibersihkan. Konstruksi tempat makan dan minum harus dijaga, agar babi hutan tidak bisa dengan mudah masuk menginjak-injak ataupun berbaring di dalamnya, Tempat makan dan minum letaknya lebih tinggi daripada lantai, Permukaan bagian dalam mesti keras, rata dan halus agar sisa makanan tidak bisa tertinggal di sela-selanya, dan mudah dibersihkan,  Tepi-tepi atau bibir tempat makan dan minum harus dibuat agak bulat seperti punggung belut, sehingga tidak tajam.
      2) Bak air
Seriap kandang hendaknya juga dilengkapi dengan bak air yang terletak di dekat kandang. Bak ini dimaksudkan untuk menampung persediaan air, sehingga sewaktu-waktu air itu hendak diperlukan untuk membersihkan lantai, alat-alat lain, serta memberikan minum selalu siap, tanpa ada sesuatu kesulitan. Ukuran serta jumlah bak ini bisa disesuaikan dengan jumlah babi hutan yang dipiara.
      3) Bak penampungan kotoran
Setiap kandang atau ruangan hendaknya dilengkapi dengan saluran atau parit yang menghubungkan kandang dengan bak penampungan kotoran, sehingga dengan letak lantai yang sedikit miring, air kencing dan kotoran dengan mudah bisa dialirkan langsung kotoran ini ialah bahwa semua kotoran akan tertampung di dalamnya dan tidak mengganggu sekelilingnya serta bisa dimanfaatkan untuk usaha-usaha pertanian. Ukuran bak ini tergantung dari persediaan bak yang ada serta jumlah babi hutan atau luas kandang.
      4) Pintu kandang
Khusus kandang induk sebaiknya perlu dilengkapi sekaligus dengan pintu penghalang, sehingga kematian anak babi hutan akibat tertindih induk bisa dihindarkan. Tetapi apabila tidak ada perlengkapan semacam ini, anak babi hutan bisa ditaruh di dalam kotak tersendiri. Hanya pada saat menyusu saja anak-anak babi hutan tersebut dicampur dengan induknya. Anak-anak babi hutan tersebut harus selalu diawasi.
5.      Macam-macam kandang

    Ada berbagai macam kandang babi hutan, masing-masing bisa dibedakan menurut konstruksi dan kegunaannya;     1) Berbagai macam kandang menurut konstruksinya seperti;
a. Kandang tunggal, yaitu bangunan kandang yang terdiri dari satu baris saja.
b. Kandang ganda, yaitu bangunan kandang yang terdiri dari dua baris yang letaknya bisa saling berhadapan ataupun bertolak belakang.
      2) Berbagai macam kandang menurut kegunaannya
Menurut kegunaannya, kandang babi hutan sisa dibangun sesuai dengan tujuannya, masing-masing dengan ukuran dan perlengkapan yang berbeda-beda. Menurut kegunaanya: a.Kandang induk.
 Kandang induk yang efisien ialah jika kandang tersebut nyaman bagi induk dan sekaligus nyaman bagi anak-anak yang dilahirkan, sehingga anak-anaknya bisa mendapatkan kesempatan hidup pada kandang tersebut.Pada pokoknya kadang babi hutan induk bisa dibedakan antara kandang individual dan kelompok.
            Berikut ini adalah hubungan berat badan untuk berbagai jenis ternak  babi hutan untuk daerah tropis seperti indonesia lebih sederhan dibandingkan dengan daerah subtropis atau daerah beriklim dingin. Suhu diindonesia rata-tata 27,2◦C, namun suhu di pelbagai daerah.
Suhu optimal bagi ternak babi hutan
Status babi hutan
Bobot badan  (Kg)
Suhu optiomal (◦C)
Baru lahir
1 – 2
35
Menyusui
2 – 5
25 – 34
Lepas sapih/fase bertumbuh
5 – 40
18 – 24
Fase bertumbuh – pengakhiran
40 – 90
12 – 22
Babi hutan bunting
130 – 250
14 – 20
Induk menyusukan anak
130 – 250
5 – 18

Bibit   
  Keberhasilan di dalam usaha ternak babi hutan adalah juga sangant tergantung kepada pemeliharaan induk dan pejantan yang memiliki sifat-sifat baik. Oleh karena itu para peternak yang maju, tentu saja akan selalu mengadakan seleksi terhadap ternaknya. Seleksi berarti memilih hewan ternak yang bernilai tinggi, yakni memilih babi hutan-babi hutan yang menguntungkan. Dengan seleksi itu diharapkan ada perbaikan karakter ekonomi tertentu, terutama mengenai :- Pertumbuhan  Cepat, Daya Tahan  Kuat, Produksi : Cukup Baik.
     Di dalam suatu usaha untuk memajukan dan mengembangkan ternak babi hutan, para peternak bukanlah sekedar memperbanyak atau mengembangbiakkan ternaknya, melainkan sekaligus memuliakan ternak (mengupgrade). Di sini pada semua babi hutan induk dan ejantan yang hendak dikawinkan harus dilakukan seleksi terlebih dahulu. Dengan demikian perkawinan bukan terjadi secara kebetulan atau liar, melainkan diatur dan terarah.
Untuk memilih babi hutan-babi hutan dewasa yang hendak dijadikan bibit, bias dilakukan dengan berbagai cara, yakni atas dasar :
1. Pemilihan individu.
2. Pemilihan atas hasi produksi.
3. Pemilihan berdasarkan silsilah.
1. Pemilihan individu
    Pemilihan individu ini terutama berpangkal pada:
a) Kesehatan
Babi hutan yang hendak dijadikan bibit harus betul-betul kuat dan sehat. Tanda-tanda babi hutan yang sehat
- Nafsu makan baik, normal.
- Pertumbuhan baik, cepat menjadi besar.
- Lincah, gesit. - Kotoran tan terlalu keras atau encer.
- Air kencing keluar terputus-putus(pejantan).
- Ekor melingkar
b) Kesuburan dan sifat keibuan
- Babi hutan induk yang subur Induk yang subur ialah induk yang pada setiap kali birahi mampu memproduksi ata mengovulasikan sel telur dalam jumlah besar, 14 – 18 buah. Dan sejumlah besar di antaranya bias ditunasi, sehingga pada saat induk itu melahirkan jumlah anaknya pun cukup banyak. Dan induk yang subur ini pada umumnya memiliki intensitas beranak yang cukup baik, minimal dua kali beranak dalam waktu 1 tahun.
- Sifat keibuan Adalah induk-induk yang pandai merawat anak-anaknya da produksi air susu pun banyak, sehingga mereka selalu siap menyusui anaknya dengan rajin. Hal ini sama sekali berbeda dengan induk-induk yang memiliki sifat buas, mereka pasti akan selalu memusuhi anak-anaknya dan bahkan kurang mengerti terhadap anak-anaknya yang tertindih. Jadi induk-induk yang baik bukan saja mereka yang bias menghasilkan anak banyak, melainkan juga induk-induk yang mampu memproduksi air susu yang cukup tinggi dan bias merawat anak-anaknya dengan baik. Sebab induk yang produksi susunya sedikit, anak-anaknya pasti banyak yang mati kelaparan. Demikian pula bagi induk yang tak memiliki sifat keibuan, maka anak-anak asuhannya pun pasti akan banyak yang mati akibat tertindih atau terlantar. Demikian kedua faktor ini betul-betul sangat penting di dalam seleksi. Walaupun jumlah anak yang dilahirkan itu bias dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti umur induk, kondisi induk waktu kawin serta pejantan yang dipakai, namun setiap individu secara alamiah memiliki tingkat kesuburan dan sifat keibuan yang berbeda-beda.

c) Pemilihan atas hasil produksi
   Seleksi yang didasarkan atas hasil produksi ini sangat erat hubungannya dengan kesuburan dan sifat eibuan induk. Sebab pemilihan bibit ini ditujukan terhadap hasil produksi keturunan. Adapun hasil keturunan yang dimaksud antara lain ialah; 
- Jumlah dan berat anak pada setiap kelahiran hendaknya merata, tidak ada ynag terlalu kecil ataupun terlalu besar. Sedangkan berat anak babi hutan waktu lahir yang akan dijadikan bibit rata-rata 1,5 kg dengan jumlah anak yang dilahirkan rata-rata 12-14 ekor, Angka kematian sampai pada penyapihan rendah. Jumlah anak yang bias dipelihara sampai umur 3 minggu : 10-12 ekor, sedangkan sampai dengan disapih pada umru 6-8 minggu : 9-5 ekor,  Pertumbuhan berat badan cukup bagus, Misalnya : 1. Umur 3 minggu mencapai berat 6 kg 2. Umur 6 minggu: 13 kg. 3. Umur 8-10 bulan mencapai 100 kg (dipotong),  Persentase kerkas tinggi : 70-75%. Lebih jelasnya perhatikan diagram berikut :
 Keterangan
 Baik
 Sedang
 Kurang
 Berat babi hutan umur 8 minggu
 16 kg
 14 kg
 12 kg
 Jumlah anak
 12 ekor
 10 ekor
 8 ekor
 Yang bisa dipelihara/ disapih
 10 ekor
 8 ekor
 6 ekor

d) Temperamen Induk-induk yang temperanmenya jelek harus diafkir, misalnya buas, nervous.
e) Bentuk luar yang baik
1). Babi hutan induk yang baik
- Kepala : Besarnya sedang, rahang ringan.
- Tubuh : Panjang, pada punggun agak berbentuk busur dan kuat
- Bahu : Lebar dan rata dengan punggung
- Perut : Bila dipegang lunak, halus
- Jumlah putting : Cukup banyak, 12-14 buah dan letaknya simetris, genap.
- Kaki : Kaki kuat, lurus, tumit kuat, kuku rapat, simetris dan kuat
- Ham (paha) : tebal, lebar - Ekor : melingkar (menunjukkan babi hutan yang sehat)
2). Babi hutan jantan
- Kepala : Ringan.
- Pandangan : Tajam.
- Tubuh : Panjang, pada punggung agak melengkung dan kuat.
- Bahu : Lebar, dalam dan rata dengan punggung.
- Kaki : Kuat, lebih-lebih kaki belakang, dengan tumit yang kuat.
- Kuku : Rapat, simetris, bersih.
- Testes : Besarnya sama, simetris.
- Jumlah putting : cukup banyak, 12-14 buah dan genap.
- Perut : Bagian bawah rata.
- Temperamen : Agresif, bersemangat.
2. Pemilihan berdasarkan silsilah
   Babi hutan-babi hutan yang hendak dipakai sebagai bibit harus diketahui jenis atau bangsa serta tipenya. Pemilihan terhadap suatu bangsa babi hutan atau strain yang hendak diternakkan tentu saja tergantung pada kesenangan peternak dan lingkungan di mana bangsa tersebut sudah banyak diternakkan. Dan selanjutnya untuk mengetahui bangsa babi hutan tersebut termasuk tipe pedaging atau spek, bias diamati pada bentuk luarnya. Adapun perbandingan sifat-sifat terpenting kedua tipe tersebut ialah :
 Bentuk Luar
 Tipe Spek
 Pedaging
 Bentuk badan
 Pendek, lebar dan dalam
 Panjang
 Kepala
 Agak pendek dan rahang berat
 Agak panjang dengan rahang ringan
 Bagian tubuh
 Bahu lebar dalam
 Ringan, dada dangkal
 Bagian tengah
 Pendek, lebar
 Lebar, panjang
 Bagian belakang
 Lebar, pendek, bulat berlemak
 Lebar, panjang dan silang segi empat dengan ham yang dalam
 Bagian kaki
 Pendek, lebar
 Agak ringan


PAKAN
Pakan atau makanan untuk ternak merupakan salah satu faktor penting dalam usaha ternak babi hutan. Sebab 60% dari keseluruhan biaya dihabiskan untuk keperluan babi hutan-babi hutan induk (bibit), dan 80% untuk keperluan babi hutan fattening. Oleh karena itu suatu hal yang perlu diperhatikan di sini ialah bahwa walaupun babi hutan itu secara alamiah tergolong hewan yang makannya sangat rakus, dan suka makan apapun, namun mereka perlu diberi makanan dengan perhitungan yang betul. Sebab, di samping ternak babi hutan itu banyak makan dan rakus, konversi terhadap makanan pun sangant bagus, jika pemeliharaannya baik, laju pertumbuhannya pun akan baik.
     Tetapi perlu diingat bahwa babi hutan termasuk hewan yang memiliki alat pencernaan sederhana, yang tak mampu mencerna bahan makanan yang kadar serat kasarnya tinggi. Maka kepada para peternak babi hutan harus diberikan makanan yang serat kasarnya rendah, dan kandungan energinya yang cukup tinggi. Sehubungan dengan makanan, di bawah ini akan dijelaskan :
1. Susunan zat-zat di dalam makanan.
2. Bahan makanan yang biasa diberikan kepada babi hutan.
3. Penyusunan rasum.
4. Teknik pemberian makanan dan jumlah yang diberikan.

1. Susunan zat-zat makanan
    Semua bahan makanan yang diperlukan oleh babi hutan terutama terdiri dari enam unsur pokok : karbohidrat, serat kasar, lemak, protein, vitamin-vitamin, mineral dan air,1.Karbohidrat dan serat kasar ; Karbohidrat (carbon dan hydrogen).   Karbohidrat terdiri dari unsur-unsur carbon, hydrogen dan oxygen. Unsureunsur tadi merupakan suatu kesatuan, tetapi masing-masing berbeda-beda besarnya.

2. Bahan makanan yang biasa diberikan kepada babi hutan
      a. Bahan makanan yang banyak mengandung protein
1). Tepung ikan, Tepung ikan di buat dari sisa-sisa ikan atau ikan afkir, yang terdiri dari kepala, kerangkan dan ekor. Kuailitas tepung ikan yang paling baik ialah yang berasal dari ikan putih, sebab kadar minyaknya tidak lebih dari 6% dan kadar garamnya 4%. Sedangkan tepung ikan kualitas kedua dibuat dari ikan afal yang kadar minyak dan garamnya cukup tinggi, sehingga bisa menimbulkan efek negative pada babi hutan. Di samping kandungan protein, tepung ikan juga mengandung unsure-unsur mineral penting, seperti Ca, P dan Chlorine. Tepung ikan ini bisa diberikan kepada anak babi hutan sebanyak 15%, untuk babi hutan bibit, dan 10% untuk babi hutan grower.
2). Susu ikan, Susu skim ialah susu yang sudah diturunkan kadar lemaknya menjadi kurang lebih 0,1%. Susu skim ini merupakan salah satu bahan makanan yang bermutu, terutama bagi babi hutan-babi hutan induk yang sedang menyusui dan babi hutan muda. Sebab susu skim kaya akan protein dan lysine serta lactosenya pun cukup tinggi, sehingga dapat menggantikan sebagai daripada bahan makanan yang  dari biji-bijian.
3). Susu skim bubuk Susu skim bubuk mengandung 35% protein, sedangkan mineral, fat dan vitaminnya rendah.
4). Bungkil kedelai, Bungkil kedelai diperoleh dari kedelai yang sudah diambil minyaknya. Kandungan protein 38%, agak lebih rendah daripada bungkil kacang tanah yang kadar proteinnya 41%. Akan tetapi kedelai kaya akan lysine, atau merupakana sumber protein nabati yang sangat penting untuk babi hutan. Warna bungkil ini kuning pucat, serat kasar dan kadar Ca-nya rendah. Jika ingin menggunakan bungkil kedelai untuk pengganti tepung ikan, pada rasum harus ditambah mineral. Biasanya bungkil kedelai diberikan sebanyak 5%, tepung ikan 5% untuk grower, dan 10% untuk finisher.
5). Bungkil kacang tanah Adalah hasil ikutan kacang tanah yang sudah diambil minyaknya. Bahan ini kurang cocok untuk babi hutan, karena kandungan lysine dan Ca-nya rendah. Apabila bungkil kedelai sulit diperoleh atau terlampau mahal, bungkil kacang tanah ini bisa dipakai pengganti dengan ketentuan zat yang kurang diperhitungan dan diganti dengan bahan lain. 



2.      Penyusunan ransum

     Apabila jumlah babi hutan yang dipiara itu hanya bebarapa ekor saja, maka kepada babi hutan tersebut bisa diberikan sisa-sisa bahan makanan dari dapur, seperti kulit pisang, pepaya, sayuran, nasi dan lain sebagainya. Akan tetapi betapapun banyak sisa makanan yang bisa diberikan, namun praktek pemberian makanan semacam itu kurang bisa dipertanggung jawabkan. Sebab bahan makanan tersebut bukanlah merupakan rasum yang mempunyai susunan zat makanan dalam imbangan yang tepat seperti yang diperlukan tubuh babi hutan untuk keperluan pertumbuhan dan berproduksi.
     Sedangkan yang dimaksud dengan ransum ialah sejumlah campuran dari berbagai macam bahan makanan yang diberikan kepada hewan ternakdalam waktu tertent, misalnya satu hari satu malam (24 jam). Di dalam waktu 24 jam babi hutan harus mendapatkan zat-zat dalam perhitungan yang benar dan teliti. Penyusunan ransum ini sangat bervariasi atau berbeda-beda. Titik berat perbedaan tersebut terletak pada kadar protein dan hidratarang. Sebab pedoman penyusunan ransum yang dikemukakan di sini ialah dengan dasar Imbangan Protein (IP),     IP ini menunjukkan suatu perbandingan antara protein dapat dicerna (Prdd) dengan Martabat Pati (MP).
     Protein dapat dicerna ialah hasil pencernaan protein kasar yang terdapat dalam suatu bahan makanan yang dapat diabsorpsi oleh diding usus Sedangkan MP = Martabat Pati dari suatu bahan makanan atau ransum ialah angka yang menunjukkan kg (gr) pati murni yang sama dayanya dengan 100 kg (gr) dari bahan makanan itu untuk membentuk lemak badan di dalam tubuh. Hal ini dimaksudkan, bila bahan makan atau ransum itu dikatakan memiliki MP 70, artinya 100 kg bahan makanan atau ransum tersebut mempunyai daya yang sama dengan 70 kg pati murni dalam membentuk lemak badan di dalam tubuh. Dan MP dari suatu bahan makanna juga menggambarkan kandungan energy.


     a. Berbagai Macam Ransum
1) Ransum starter ,yang dimaksud dengan babi hutan starter ialah anak babi hutan yang masih menyusui dengan umur 8 – 10 minggu. Pada fase atau periode ini mereka harus mendapatkan ransum starter, yaitu ransum yang terdiri dari :
• Komposisi bahan makanan yang mudah dihisap oleh anak babi hutan dan pula mudah dicerna.
• Kandungan serat kasarnya rendah, misalnya dari bahan jagung giling halus, tepung susu skim. Sebab susu kandungan proteinnya tinggi, sedangkan jagung memiliki kadar cerna yang tinggi dan merupakan sumber karbohidrat.
•Kandungan protein 20 – 22 %, MP 70
• Serat kasar 3 %.
2) Ransum Grower Babi hutan grower yaitu anak babi hutan sesudah melampaui fase starter sampai umur 5 bulan. Babi hutan-babi hutan yang telah melewati fase grower dan mencapai berat 50 kg. Hal ini dimaksudkan agar :
• Babi hutan tumbuh cepat, sehat dan kuat. Bisa menghasilkan babi hutan-babi hutan fattening yang tidak banyak lemak atau spek, melainkan banyak daging.
• Babi hutan bibit (breeding) dalam periode menyusui nanti akan bisa memproduksi air susu cukup banyak.
3) Ransum Fattening

Babi hutan fattening adalah babi hutan-babi hutan yang digemukkan sebagai babi hutan potongan yang beratnya 50 – 100 kg. penggemukan ini dimulai semenjak mereka sudah melewati fase grower yang berat hidupnya 50 kg sampai dengan bisa dipotong yaitu pada waktu mencapai berat 100 kg. Ransum yang diberikan ialah ransum fattening, yang terdiri dari :  Bahan makanan yang agak kasar
• Kadar protein 14%, MP 69.
4) Ransum bibit, Ransum bibit merupakan ransum yang diberikan kepada babi hutan dara, sebagai pengganti makanan fase grower atau babi hutan bunting3 bulan pertaman. Yang perlu diperhatikan dalam hal ini ialah babi hutan tidak boleh terlampau gemuk dan banyak fat. Untuk menghindarkan keadaan ini maka babi hutan tersebut harus diberikan ransum khusus yaitu ransum bibit yang terdiri dari: 
Lahan.
 Untuk  pemeliharaan babi hutan hutan harus dipilih dan diperhatikan kondisi lahan  yang cocok atau sesuai dengan jenis ternak babi hutan hutan, yang mana tergolong hewan yang berdarah panas (homeoterm), dimana fisiologisnya selalu berusaha mempertahankan kemantapan keadaan internal tubuh dengan kondisi lingkungan eksternal yang cocok bagi hewan tersebut, selain itu untuk pemeliharaan babi hutan adalah harus melihat areal yang harus dapat mengaliri limbah ke tempat penampungan limbah. Dimana limbah harus benar-benar keluar dari lahan peternakan tersebut dan lahan orang lain.
Kendala yang sering dialami dalam beternak babi hutan ini adalah, kenyamanan lingkungan, bagi peternak babi hutan yang berskala rumah tangga atau beternak babi hutan dipekarangan rumah haruslah melihat letak lahan yang sesuai dan melihat dampak sosial bagi masyarakat yang dapat menimbulkan penyakit bahkan bau yang juga berdampak tidak baik bagi lingkungan masyarakat.

Pemasaran
Salah satu bagian yang tak dapat dipisahkan dari usaha pemeliharaan ternak babi hutan adalah pemasaran. Karena pemasaran produksi merupakan kunci keberhasilan dalam usaha beternak babi hutan. Memasarkan babi hutan dalam jumlah yang tepat pada masa yang tepat , akan memberikan keuntungan lebih baik bagi peternak . Tanpa diikuti pemasaran yang baik maka hasilnya tidak akan membantu kelanjutan usaha tersebut. Tujuan utama dari usaha ternak babi hutan adalah mengusahakan agar diperoleh keuntungan yang memuaskan dari penjualan bibit babi hutan, babi hutan sapihan, babi hutan potong atau hasil daging dan pupuk dari pengolahan limbah babi hutan.Tipe babi hutan yang banyak dipasarkan adalah yang banyak dagingnya dan sedikit lemak.yang termasuk tipe ini adalah tipe daging yang sering disebut pork type, kemudian tipe sedang yang disebut bacon .
            Sistem pemasaran.Peternak babi hutan rakyat umumnya menjual ternaknya dalam bentuk ternak hidup, bukan dalam bentuk daging atau hasil olahannya. Peternakan babi hutan rakyat terutama di Bali sebagian besar menjual ternaknya melalui kelompok Gabungan Usaha Peternak Babi hutan Indonesia tetapi ada juga yang menjual langsung ke pedagang atau tengkulak, dimana mereka sendiri datang ke lokasi peternakan. Bisa juga dijual langsung ke pembeli di pasar. Namun pasar yang khusus untuk babi hutan belum tersedia. Untuk penjualan yang melalui kelompok, peternak cukup melapor ke seksi pemasaran, dan mereka yang akan mengkoordinir mencarikan pembeli. Penjualan dilakukan bersama-sama dengan anggota kelompok yang lain.Penjualan babi hutan rakyat biasa dilakukan dengan taksiran tanpa ditimbang karena mereka tidak mempunyai alat timbangan. Cara pembayaran dari gapoktan ke peternak secara tunai, sedangkan dari gapoktan ke pedagang/ tengkulak, ada yang secara tunai , ada juga yang secara tempo (hutang).
        Harga pemasaran, Harga babi hutan di pasaran berfluktuasi tergantung berbagai faktor .Ada dua faktor yang mempengaruhi harga yaitu ketersediaan babi hutan dan permintaan pasar. Ketersediaan babi hutan yang akan dijual akan berpengaruh terhadap permintaan pasar yaitu dalam hubungan produksi dan kebutuhan. Apabila pasar mengalami kebanjiran produksi melebihi daya serap, maka akan terjadi penurunan harga per satuan produksi. Sebaliknya apabila permintaan pasar meningkat, sedangkan jumlah produksi tidak mengikutinya, maka akan terjadi kenaikan harga persatuan produksi. Kestabilan harga relatif akan dicapai apabila jumlah produksi dan kebutuhan pasar selalu dipertahankan. Ketersediaan babi hutan juga dipengaruhi oleh ketersediaan pakan. Jika harga pakan naik, maka secara otomatis usaha produksi akan menyesuaikan yaitu dengan cara mengurangi jumlah babi hutan yang dipelihara. Upaya ini untuk mencegah kerugian yang l;ebih besar bagi usahanya. Selain itu harga di pasaran dipengaruhi oleh adanya peningkatan permintaan pasar dan pada saat perayaan hari-hari besar. Permintaan pasar akan kebutuhan daging babi hutan dipengaruhi oleh meningkatnya pendapatan masyarakat. Selain itu pada perayaan hari-hari besar, permintaan daging babi hutan akan meningkat, sehingga dapat meningkatkan harga babi hutan. Demikian juga dalam hal pengemasan. Semakin meningkatnya pendapatan, dapat mengubah selera masyarakat akan suatu produk. Masyarakat perkotaan yang lebih modern mempunyai selera yang berbeda dalam memilih produk yang mempunyai bentuk penampilan yang lebih baik akan produk olahan babi hutan.Pengolahan dengan kemasan yang lebih baik dan menarik membutuhkan biaya tambahan sehingga akan meningkatkan harga satuan daging babi hutan. Sasaran pemasaran juga mempengaruhi harga seperti pasaran untuk ekspor ke luarnegeri, akan memberikan keuntungan yang lebih besar. 
waktu yang tepat untuk penjualan Ternak babi hutan  adalah sudah bisa dijual pada umur 10 - 12 bulan dengan berat hidup 90 - 110 kg. Babi hutan yang berukuran berat yang belum mencapai standar berat hidup penjualan biasanya dijual dengan harga yang lebih tinggi dibanding dengan harga per kilogram berat hidup babi hutan siap jual. Demikian juga dengan pengusaha daging beku, biasanya melakukan pembelian babi hutan pada saat harga murah. Mengolah dan mengemasnya , kemudian dibekukan agar dapat disimpan dalam waktu yang dibutuhkan. Penjualan baru dilakukan pada saat harga yang menguntungkan. Oleh karena itu perlu ada standard berat hidup penjualan babi hutan.
Penyakit
1. PENYAKIT TIDAK MENULAR
Misalnya penyakit akibat kekurangan zat-zat makanan tertentu (deficiency) seperti :Anemia, (kekurangan darah),Penyebab: kekurangan zat besi dan tembaga, babi hutan induk air susunya hanya sedikit mengandung zat besi.
Gejalah: Pucat, Diare (mencret), pertumbuhan terganggu dan kehilangan berat badan, babi hutan banyak berbaring dan buang kotoran disekitar tempat berbaring.
Pencegahan dan Pengobatan untuk   Babi hutan bunting diberi makanan tambahan mineral yang banyak mengandung zat besi dan tembaga.
untuk  Anak babi hutan bisa diberi zat besi dan tembaga dengan jalan injeksi: misalanya pigdex dengan dosis tepat.
  1. 2. PENYAKITA MENULAR
Yakni penyakit yang disebabkan oleh gangguan dari suatu organisme (bakteri, virus), dan parasit seperti cacing, kutu dls. Misalnya:
  • Mencret (Scours) adalah penyakit yang menyerang alat pencernaan atau usus. Mencret banyak menyerang anak babi hutan atau babi hutan-babi hutan muda. Secara umum yang mempercepat terjadinya mencret ini adalah sanitasi yang tidak baik, udara lembab, tanpa alas kandang, kurang gizi dan stress.  Mencret normal yang menyerang anak babi hutan yang masih kecil biasanya adalah (1) terlampau banyak air susu, 2-3 hari sebelum beranak sampai minggu setelah beranak makanan iduk dibatasi supaya tidak mengganggu alat pencernaan anak babi hutan yang baru lahir. (2). Sementara babi hutan menyususi induk babi hutan mengalami birahi tenang (tidak kelihatan, sering terjadi 3 minggu setelah beranak) sehingga mengakibatkan perubahan hormonal yang mempengaruhi susunan air susu. (3). Pada saat anak disapih, oleh karena itu, pada saat menyapih harus dilakuakan secara bertahap, jangan mendadak, tetapi dengan memberi makan penguat sedikit demi sedikit sambil masih tetap menyusui; dan (4). Infeksi karena cacaing, bakteri atau disentri.
  • Mencret putih (White scours). Penyebab penyakit ini adalah bakteri E.coli yang masuk lewat tali pusat yang sakit (infeksi). Bila didukung kondisi lingkungan yang kurang baik (seperti yang dijelaskan diatas) anak babi hutan mudah terjangkit sakit mencret putih.
untuk Gejalah: kotoran berupa cairan yang berwarna putih seperti kapur dan sangat lemah, tidak mau menyusu serta kepala menunduk
untuk  Pencegahan dan Pengobatan: kandang usahakan kering dan diberi alas dan makanan diberi tambahan aureomycin, TM 10.
untuk Penyakit ini biasanya diikuti disentri, anemia dll.
  • Brucellosis (Penyakit keguguran menular), penyebab penyakit ini adalah bakteri Brusella suis.
untuk Gejalah: bila menyerang induk menyebabkan keguguran pada setiap kebuntingan (walaupun tidak semua keguguran disebabkan Brusellosis terlalu sering keguguran dapat disebabkan oleh Brusella) dan bila menyerang jantan, radang testes, lumpuh sampai mandul.
untuk  Pencegahan dan pengobatan: sanitasi (beli bibit yang bebas dari brucellosis), vaksinasi, dan ternak yang diserang sebaiknya dikeluarkan, jangan dipelihara lagi. Penyakit ini suli diobati karena obat belum ditemukan, vaksinasi penting
  • Penyakit ngorok. Penyebab penyakit ini adalah bakteri Pasturella multocida.
untuk  Gejala: (1). Yang terserang sesak nafas karena ada lendir dalam pernafasan, ada suara ngorok dan leher terlihat bengkak, (2). Penyakit berlangsung cepat kira-kira   1 minggu, (3). Suhu badan naik, kadang-kadang disertai mencret, dan (4). Yang akut terus mati tibab-tiba tanpa didahului gejalah apapun.
untuk  Pencegahan dan pengobatan: (1). Sanitasi dan pengelolaan yang baik (makanan), (2). Memisahkan babi hutan yang sakit dan (3). Tahap awal babi hutan bisa diobati dan diberi obat antibiotik (Penicllin IM, Sulmet injeksi).
  • Penyakt kudis (scabies): Penyebab penyakit ini adalah:
untuk  Gejalah: babi hutan mengalami kerusakan kulit dengan luka-luka yang berkerak
untuk  Pencegahan dan Pengobatan: (1). Babi hutan yang sakit segera dipisahkan supaya tidak menular kepada lainnya, (2). Kandang harus dibersihkan, disemprot atau didesinfektan dengan lysol dan lain-lain, supaya kutu yang menempel dikandang mati, dan (3). Yang sakit diobati dengan scabisix atau dalam keadaan darurat dapat diolesi dengan oli bekas atau minyak kelapa yang dicampur dengan tepung belerang.
  • Penyakit tetanus: Penyebab penyakit ini adalah bakteri Clostridium tetani yang masuk melalui luka terbuka.
untuk  Gejalah:  Terjadi kekejangan pada urat daging, mulut, leher, dan anggota badan lainnya, Sulit bergerak, perut keras mengejang sulit bernafas, Kotoran dan air kencing tertahan. untuk  Pencegahandan Pengobatan: alat-alat untuk kastrasi harus steril, luka bekas kastrasi harus diberi antibiotik (preparat sulfa) atau suntikan dengan serum tetanus.
  • Penyakit cacing bulat: Penyebab penyakit ini adalah cacing ascaradis, banyak menyerang babi hutan muda
untuk  Gejalah:  Babi hutan anak kerdil, perut besar dan punggung mengkerut tampak bungkuk;  Mencret, nafsu makan kurang; dan  Bila serangan hebat timbul gejalah pneumonia.
untuk  Pencegahan dan pengobatan:  Sanitasi kandang;  Bila anak babai hendak dilepas, jangan ditempat yang biasa untuk melepas babi hutan dewasa; dan  Beri piperazine yang dilarutkan dalam air. (dosis lihat petunjuk pemakaian).






4 komentar:

  1. bro, postingan yang ini ada softfile-nya gak? kalo ada, boleh tolong kirimin ke mits_falces@yahoo.co.id gak? tq.

    BalasHapus
  2. www.duniasichelsea.blogspot.com

    QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda!!
    Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam ????
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!?

    BalasHapus
  3. JANGAN LEWATKAN PROMO MENARIK DARI KAMI

    HUBUNGI KONTAK Kami
    BBM : D8E23B5C
    WHAT APPS : +85581569708
    LINE : togelpelangi
    WE CHAT : togelpelangi
    LIVE CHAT 24 JAM : WWW-ANGKAPELANGI-NET

    Ayo coba keberuntungan anda
    jutaan rupiah menunggu anda

    BalasHapus
  4. "365SBOBET Situs Resmi Agen SBOBET Terpercaya di Indonesia

    365Sbobet adalah Agen SBOBET Terpercaya Indonesia, Situs Agen Bola Resmi Online Casino Terbaik Official Partner kami adalah Barcelona dan Liverpool.


    365sbobet
    365agensbobet
    alt365sbobet
    link alternatif 365sbobet
    agen sbobet
    agen sbobet online
    agen sbobet terpercaya
    agen sbobet indonesia
    agen sbobet resmi
    agen sbobet asia
    agen sbobet mobile
    agen sbobet88
    sbobet
    sbobet online
    sbobet terpercaya
    sbobet indonesia
    sbobet resmi
    sbobet asia
    sbobet mobile
    sbobet88
    sbo
    agen sbo
    sbo indonesia
    agen sbo indonesia
    agen sbo online
    link sbobet
    link agen sbobet
    situs sbobet
    situs agen sbobet
    website sbobet
    website agen sbobet
    bonus sbobet
    bonus agen sbobet
    daftar sbobet
    daftar agen sbobet
    login sbobet
    link alternatif agen sbobet
    situs sbobet
    sbobet online
    sbobet online
    id sbobet
    promo sbobet
    games sbobet
    sbobet bola
    sbobet casino
    sbobet baccarat
    sbobet roulette
    sbobet slot games
    sbobet blackjack"

    365Sbobet adalah Agen SBOBET Terpercaya Indonesia, Situs Agen Bola Resmi Online Casino Terbaik Official Partner kami adalah Barcelona dan Liverpool.

    Buruan Daftarkan DIri anda di 365SBOBET & menangkan Ratusan Juta Rupiah Setiap Harinya!!!
    Bonus Pendaftaran Member Baru 20% Maksimal s/d 1 Juta Rupiah
    Bonus Next deposit 5%
    Bonus Rollingan 0.5%
    Bonus Cashback 5%
    Dengan Minimal deposit untuk mendapatkan Bonus Hanya 50 ribu

    Deposit hanya Rp. 25.000

    "Whatsapp : 0823.6134.6235"

    "365sbobet"
    "agen sbobet"

    BalasHapus